27.6.09

Bangunan bersejarah di Semarang

Link Bangunan Bersejarah di Semarang pada web resmi Pemkot Semarang, daftarnya terlihat semakin panjang dari tahun ke tahun. Namun definisi bangunan bersejarah itu sendiri terlihat rancu, yang seperti apa. Sebaiknya sedikit kata pengantar akan lebih manis ....mungkin.

Bangunan yang didaftar di situ antara lain bangunan publik : Gereja, Kantor, Klenteng dan rumah kediaman. Status bangunan belum disebutkan, apakah sudah terdaftar sebagai Benda Cagar Budaya ( BCB ) atau bukan. Namun minimal sebagai daftar tujuan informasi ini sudah sangat membantu, upaya Pemkot Semarang perlu diapresiasi. Alangkah lebih bagus lagi bila dilengkapi dengan tampilan bangunan. Ulasannya, pada beberapa bangunan sangat mendetail dan teknis, mampu menggambarkan dengan lengkap, atau memang sengaja buat ngirit gambar , pak? ah, itu pikiran cabul saya saja.

Televisi lokal Semarang sudah mengangkat keberadaan bangunan lama di Kota Lama semarang - Little Amsterdam dalam liputan khusus rutin. Bersama BPK2L melakukan eksplorasi bangunan bangunan di Kota Lama semarang.


Di bawah ini sedikit dari beberapa bangunan kolonial tropis yang masih tersisa di Semarang:

Bangunan Kantor : Restoran : ( update data : januari 2012, bangunan resto ini kelihatannya sudah dirobohkan. ..hmmm )

Rumah Kediaman :

2 komentar:

Kang Eko mengatakan...

di dekat rumahku magelang, masih banyak yang ginian mas.... aku punya fotonya...

bayu mengatakan...

ayo diupload di blog to pak......