22.6.09

Kemewahan ( Lain) ornamen Bangunan Kolonial Tropis -2

Kemewahan lain pada bangunan Kolonial Tropis adalah ubin bercorak. Peletakan ubin bercorak biasanya disesuaikan pemakaian bangunan.
Bangunan yang akan digunakan penguasa wilayah pada masanya, maka " sekujur" ubin dalam bangunan itu NISCAYA akan bercorak semata-mata ( kecuali istana lho).
Istana Bogor,Istana Negara,Gedung Agung tentu saja akan mempergunakan marmer italy. Pemakaian ubin bercorak lebih banyak dipakai di kota -kota kecil, dan tentu saja masa itu Pemasok ubin seperti itu hanya dan HANYA Pabriek Oebin Tjap Koentji.
Pabrik Ubin Kuntji mungkin menguasai penjualan di Jawa dan Sumatera pada masa itu. Selain di djokdja, pabriknya juga terdapat di Semarang.

Kemewahan ubin bercorak pada masa itu akhirnya bukan hanya digunakan di bangunan2 peninggalan Belanda. Di Lasem, bangunan milik bangsawan Tionghwa dan klenteng Tjoe An Kiong, juga memakai ubin bercorak buatan Pabriek Oebin Koentji.

Peletakan ubin bercorak pad umumnya dipergunakan di ruang tamu sebagai ornamen utama, bila pemilik rumah tidak memakai karpet. Motif flora, simetris, tiongkok,dan bertekstur(timbul) merupakan motif idaman pada masa itu, terutama motif bertekstur.

Tidak ada komentar: