1.1.10

Missunderstanding

pic belong to prabowowyp.blogspot.com

Saya selalu keliru menyebut Bangunan Cagar Budaya ( BCB ) dengan Benda Cagar budaya. padahal jelas-jelas BCB adalah definisi sebagai bentuk bangunan - bukan benda; seperti saya selalu keliru menyebut.

Bangunan cagar budaya - Buildings of cultural property - , terdapat di setiap kota di dunia. Dan bangunan ini menjadi warisan setiap kota. makin tua sebuah kota - maka semakin peliklah urusan perawatan BCB ini.
Kota Venice - misalnya - yang dibangun bersentuhan dengan air, - jika kita melihat film james bond "Quantum Solace" terdapat adegan dimana salah satu bangunan yang disangga dengan penampang tabung karet berisi udara. Bisa dibayangkan, teknologi yang dipergunakan pastilah tingkat tinggi jika bukan dikatakan canggih.

jika boleh saya memberikan asumsi, bangsa yang semakin beradab, akan semakin memperhatikan keberadaan BCB di kota-kota wilayah mereka. kemarin ( 31/12/09) saya menemukan satu lagi bangunan kayu kuno di tengah2 kota lama Semarang terbakar....!! adanya police line disana, entah mengindikasikan apa, - saya miris, dan belum berupaya mencari tahu- namun inilah contoh betapa kita masih abai.

suara merdeka

dengan tulisan ini kesalahan sebut BCB sebagai Benda cagar Budaya, saya ralat....:D

2 komentar:

Kang Eko mengatakan...

kebakaran memang bisa melanda apa saja dan kapan saja, tapi kalau kejadiannya utk bangunan kuno, kita betul2 sangat merugi.

bayu mengatakan...

kalo lihat kejadian diatas, motifnya mungkin bisa saja semua hal diluar perkiraan kita, namun kembali ke status bangunan, bila sudah BCB ya oleh pemiliknya bakal tidak boleh dirombak samasekali. - yang untuk kepentingan bisnis, hal seperti ini tentu saja tidak komersil -

iya...eman pak